Selasa, 12 Februari 2013

Mahasiswa Muslim Toronto Kini Bebas Beribadah Di Kampus



MENIKMATI suasana baru, mahasiswa Muslim diToronto Emmanuel College menyambut dengan penuh semangat ruang shalat dan fasilitas wudhu yang mencerminkan upaya universitas untuk mengakomodasi siswa meningkat. Dan memperkaya hubungan antaragama di dalam dan luar kampus.
“Itu indah,” kata Egal Hasna, mahasiswa neuroscience tahun keempat, kepadaThe Varsity, surat kabar mahasiswa universitas Toronto, pada Senin (11/2/2013).
“Ruang shalat ini bersih dan sangat tenang.”
Ruang shalat dan fasilitas wudhu baru di Emmanuel College resmi dibuka pada 22 Januari.

The Jaffari Muslim Canada Foundation, Yayasan Islam Toronto, Institut Islam Toronto, Chaplaincy Muslim, dan Himpunan Mahasiswa Islam di Universitas Toronto membantu menutupi seluruh biaya yang mencapai angka $ 25.000 (Rp. 2 Milyar) untuk pembangunan ruang shalat.
Kemudian untuk biaya fasilitas wudhu seharga $ 75.000 (Rp. 6 milyar) menjadi tanggunganEmmanuel College dan Victoria College.
“Saya pikir pembangunan ini akan membuat semuanya berjalan sangat baik – ruang shalat juga sangat indah. Seluruh ruang terisi setiap waktu shalat, tapi yang benar-benar keren adalah anda bisa menemui para mahasiswa (non muslim) belajar disana dan menggunakannya sebagai tempat berkumpul dengan temannya yang lain,” tutur Amjad Tarsin, ulama pertama di Universitas Toronto.
Meskipun dirancang untuk sholat, mahasiswa Muslim menyambut semua agama untuk bergabung dan menghadiri shalat.
“Ini jelas inklusif dan saya pikir kenapa tidak? Mereka dipersilahkan mengamati shalat,” kata Tarsin. [hf/islampos/onislam]

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar