Rabu, 28 November 2012

Besok Indonesia Peringati "Hari Solidaritas Internasional Palestina"


Indonesia turut memperingati hari solidaritas internasional untuk Palestina pada Kamis [29/11/2012] besok. Acara digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar tetap fokus pada tragedi Palestina yang saat ini tak kunjung usai.

Siaran pers Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diterima Antara di Jakarta, Rabu, menyebutkan peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa solidaritas masyarakat luas kepada warga Palestina.

Hak-hak asasi rakyat Palestina selama ini telah terampas oleh Israel. Hak untuk menentukan nasib sendiri tanpa campur tangan eksternal, hak untuk kemerdekaan nasional dan kedaulatan, serta hak untuk menempati tempat tinggal mereka yang telah dijajah.

Tanggal 29 November ditetapkan oleh PBB sebagai Hari Internasional Solidaritas terhadap Palestina pada Sidang Umum PBB 12 Desember 1979. Tanggal ini dipilih karena pada 29 November 1947 PBB menerapkan resolusi 181 (II) atau yang dikenal dengan nama Partition Resolution.

Resolusi ini mengatur pembagian Palestina menjadi dua, negara Yahudi dan negara Arab, dengan Yerusalem sebagai corpus separatum kedua wilayah. 


Namun, hanya satu negara yang lahir dari resolusi ini, yaitu Israel. Sementara Palestina masih diragukan kedaulatannya, bahkan oleh PBB sekalipun.[antara/republika/viva]

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar