Senin, 15 April 2013

Es Di Semenanjung Antartika Mencair 10 Kali Lebih Banyak


UNTUK pertama kalinya, para ilmuwan telah berhasil menunjukkan bahwa kini es di semenanjung Antartika, sepuluh kali lebih banyak mencair pada musim panas dibanding 600 tahun yang lalu.
Semenanjung Antartika adalah semenanjung terbesar dan paling menonjol di Antartika. Semenanjung ini terdiri dari rantai pegunungan terjal, yang tingginya lebih dari 2000 m. Berbeda dengan sebagian besar benua, es yang mencair di semenanjung itu mengalami peningkatan setiap musim panas. Selama beberapa dekade terakhir jumlah es yang mencair telah meningkat.

Perlu diketahui dalam beberapa waktu ke belakang, suhu di Semenanjung Antartika telah meningkat secara drastis. Selama lima puluh tahun terakhir, telah terjadi peningkatan 2.8 C dan membuat daerah ini yang mengalami pemanasan paling cepat di belahan bumi selatan.
Pada saat yang sama, sekitar 25.000 km2 es telah hilang dari sepuluh bongkahan es yang mengambang di Semenanjung Antartika. Padahal bongkahan es itu sangat penting, karena dibutuhkan waktu yang lama untuk mencukupi kembali salju dan es di beberapa bagian dunia.
Sekitar tujuh bulan yang lalu, satelit menangkap gambar lebih banyak es mengambang di sekitar benua dari pada waktu lainnya dalam sejarah.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar